Kamis, 03 Mei 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA EMAS




Salam Emas!
Harga emas dunia selalu berubah naik maupun turun. Tentunya hal itu sangat menarik perhatian kita. Apalagi ketika kita hendak bertransaksi  atau berivestasi emas. Beberapa faktor yang mempengaruhi naik-turunnya emas, antara lain:
1.      Suply dan Demand
Produksi emas dunia itu sangat terbatas dan sulit memperolehnya, maka emas merupakan komoditas tambang yang mahal dan terbatas produksinya. Jika permintaan emas mengalami kenaikan tentunya akan menyebabkan harga emas dunia akan menguat.
Dan jika permintaan emas menurun, seperti ketika akan diberlakukannya mata uang EURO, sehingga bank-bank sentral di Eropa akan mengurangi cadangan emasnya, maka harga emas jadi turun.

2.      Perubahan Kurs US Dollar Terhadap Rupiah
Melemahnya kurs mata uang US Dollar dapat memicu kenaikan harga emas. Karena para investor (pelaku pasar uang) akan cenderung menjual US Dollarnya dan membeli emas untuk mangamankan asset kekayaan mereka.
3.      Geopolitik Dunia
Perseteruan politik antar negara dapat memicu sentimen pasar yang dapat menyebabkan para investor membeli emas untuk mengamankan asetnya sambil menunggu perkembangan politik berikutnya. Contoh pernyataan Presiden Donald Trump, sering menyebabkan sentimen pasar , karena pernyataan-pernyataan beliau.
4       Inflasi dan Deflasi
Semua negara di dunia ini mengalami inflasi dan deflasi yang bervariasi, tergantung dari tingkat kemjuan negara tersebut. Dibeberapa negara maju rata-rata inflasi berkisar 2% - 3% per tahun. Di beberapa negara berkembang rata-rata berkisar 5% - 6% per tahun.
Inflasi sangat mempengaruhi harga emas, hal itu karena merosotnya nilai (daya beli) mata uang terhadap nilai suatu barang atau jasa. Penyebab inflasi karena jumlah uang (fisik) yang beredar terlalu banyak. Sedangkan deflasi menyebabkan uang yang beredar di masyarakat jumlah sedikit karena orang lebih banyak menimpan uangnya di bank.
5.      Gejolak financial
Gejolak financial, seperti krisis moneter yang pernah di alami Indonesia dan beberapa negara tetangga, menyebabkan harga emas naik tajam. Krisis moneter Indonesia di tahun1996 harga emas yang semula Rp 26.000,-/gram, dipertengahan tahun 1998 melambung di atas Rp 145.000,-/gram. Dan sekarang di tahun 2018 harga emas berada diatas Rp 600.000,-/gram.
6.      Situasi Ekonomi Global
Ketika kondisi ekonomi dunia dalam keadaan stabil atau meningkat, harga emas dunia sering mengalami koreksi harga naik dan turun. Harga emas (khususnya perhiasan) akan naik ketika permintaan juga meningkat.Terkadang harga emas juga mengalami penurunan, ketika permintaannya juga turun.
Situasi ekonomi global yang tidak menetu dapat menyebabkan inflasi yang tinggi. Sementara emas menjadi aset yang tidak terpengaruh oleh inflasi, bahkan cenderung diuntungkan.

Jadi dapat  disimpulkan bahwa perubahan  naik maupun turunya harga emas dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut di atas. Dan jika kita berminat menjadi pedagang emas, sebaiknya selalu memperhatikan faktor-faktor tersebut.
Ada sebuah buku yang sangat menarik jika anda ingin lebih lanjut mempelajari tentang faktor-faktor yang menyebabkan perubahan harga emas, yaitu “ANALIS FUNDAMENTAL HARGA EMAS” yang ditulis oleh maha guru Syukor Hasyim dari Malaysia.

Maka jika anda berminat jadi seorang dealer di dalam bisnis "PUBLIC GOLD" Klik di sini > SAYA AKAN MEMBELI EMAS

Jika masih ada yang belum jelas silahkan WA kami di:
+62-857-7000-6650 (PID Ressy Miryanti)
+62-857-2528-5758 (Bachtiar R. Pudya)

Kami juga menyediakan Group Whatsapps untuk anda sebagai Support Group dan follow kami di https://m.facebook.com/publicgoldindonesis

Semoga anda semakin sukses, kaya dan berjaya dalam bisnis di "PUBLIC GOLD"

Tidak ada komentar:

Membangun Aset Untuk Dapatkan Pasive Income

Dalam proses menjalani kehidupan setiap orang memiliki siklus kehidupan financial yang sudah semestinya bakal dihadapi. Bagaikan roda yang s...